Usai TPS Dibongkar, Giliran Pedagang Agus Salim Dipindahkan

Usai TPS Dibongkar, Giliran Pedagang Agus Salim Dipindahkan
Share

LENSAPUBLIKASI, PEKANBARU. Pasca dirobohkannya Tempat Penampungan Sementara (TPS) pedagang bekas korban kebakaran Pasar Sukaramai di kawasan Sukaramai Trade Center (STC), giliran pedagang Jalan Agus Salim yang bakal dipindahkan. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, pedagang yang berjualan di bahu Jalan Agus Salim akan direlokasi ke dua pasar milik Pemko Pekanbaru. 

"Setelah kami data ulang selama dua hari kemarin, ada sebanyak 233 pedagang yang akan direlokasi. Mereka akan kami tempatkan ke dalam pasar," ujar Ingot, Kamis (5/3). 

Dijelaskan Ingot, data tersebut tak jauh berbeda dengan data tahun lalu hanya selisih sekitar 20 orang saja. Sebab berdasarkan data di tahun 2019 pedagang yang berjualan di sepanjang Jalan Agus Salim berjumlah sebanyak 253 orang.

Menurutnya, sejauh ini para pedagang mau direlokasi di dua pasar milik pemerintah. Memang kalau dilihat dari data jumlah pedagang tidak semua bisa tertampung pada dua pasar itu. 

Dua pasar milik pemerintah yakni Pasar Agus Salim dan Pasar Inpres hanya bisa menampung pedagang sebanyak 201 pedagang.

Dengan rincian di Pasar Agus Salim terdapat 96 los dan di Pasar Inpres hanya 105 pedagang. Kios sebanyak 42 dan los sebanyak 63.

"Mengantisipasi tidak tertampungnya semua pedagang ke dalam dua pasar itu, maka kita siapkan juga Pasar Higienis," jelasnya. 

Untuk biaya retribusi los, pedagang hanya membayar Rp2,5 ribu perhari sedangkan kios disesuaikan dengan ukuran. Retribusi kios sekitar Rp78- 103 ribu sesuai ukuran. 

Ditambahkannya, relokasi pedagang itu untuk membersihkan dan menata kembali kawasan sekitar STC. Disekitaran itu juga akan dilakukan pengaspalan ulang, seiring STC akan dioperasikan pada April mendatang. [rls/pauzi]

0 Response

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel