IDI Bengkalis Pupuk Jiwa Kepemimpinan Para Dokter

IDI Bengkalis Pupuk Jiwa Kepemimpinan Para Dokter
Share

TEPATPADATNEWS, DURI MANDAU. 25 Januari – Mutu pelayanan kesehatan sangat ditentukan oleh sikap kepemimpinan para dokter di garda terdepan. Guna meningkatkan kompetensi tersebut, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bengkalis, bekerja sama dengan IDI Wilayah melaksanakan Latihan Dasar Organisasi Kepemimpinan (LDOK) di Duri pada 25-26 Januari 2020. Kegiatan yang disponsori oleh PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) ini diikuti oleh para dokter yang bertugas dan bekerja di wilayah provinsi Riau.

Seorang dokter harus memiliki kompetensi kepemimpinan dalam layanan kesehatan yang disebut dengan clinical leader. Kegiatan LDOK ini dapat menjadi jembatan untuk menggugah dan mendorong kesadaran para dokter dalam pengembangan dunia dan layanan kesehatan di Indonesia secara umum.

“Peran dokter tidak hanya sebatas mengobati pasien, namun juga sebagai agen perubahan dalam masyarakat menuju yang lebih baik,” ungkap dr. Zul Asdi Sp.B yang baru saja dilantik menjadi ketua IDI Wilayah Riau. Tampak juga hadir dalam acara pembukaan LDOK adalah Ketua IDI Cabang Bengkalis dr. H. Rinaldi S, Sp.B, FICS dan Manager Corporate Affairs North PT CPI Rudi Arief.

Ketua pelaksana kegiatan LDOK dr. Amri Praidhi,MKM dalam pembukaan juga menyampaikan peran dokter dalam  NKRI sudah diawali pendahulu dokter melalui sejarah perjuangan kemerdekaan RI dimana salah satu organisasi awal pergerakan kemerdekaan RI adalah organisasi Boedi oetomo yang didirikan oleh dr.boedi oetomo dkk yg juga merupakan seorang dokter, oleh karena itu dokter2 generasi selanjutnya harus melanjutkan tugas mulia ini.

Sejauh ini, masih muncul kesan bahwa lulusan dokter hanya ikut-ikutan, tidak mempunyai visi dan misi dalam pengabdian. Peran serta dalam perencanaan kesehatan di masyarakat masih sangat terbatas. Empat elemen kepemimpinan dalam peningkatan mutu pelayanan kesehatan, yaitu memastikan keselamatan pasien, mengevaluasi secara kritis, mendorong perbaikan dan inovasi, serta memfailitasi transformasi.

PT CPI mensponsori kegiatan LDOK ini karena selaras dengan nilai perusahaan, yakni Melindungi Manusia dan Lingkungan. Salah satu perwujudannya adalah menciptakan lingkungan kerja yang selamat dan sehat bagi para karyawan dan mitra kerjanya. ”Melalui LDOK ini, kami juga berharap para dokter di wilayah Bengkalis semakin kompeten dalam melayani masyarakat dan semakin besar berannya untuk kemajuan dunia kesehatan secara luas,” ujar Rudi. Selain mendukung kegiatan IDI, kepedulian PT CPI dalam bidang kesehatan juga diwujudkan dalam program Posyandu di sejumlah daerah di Provinsi Riau.[ar]

0 Response

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel