Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Kab Kerinci Akui Gedung PKBM Siulak Kecil Hilir Termegah

Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Kab Kerinci Akui Gedung PKBM Siulak Kecil Hilir Termegah
Share

TEPATPADATNEWS, KERINCI. Dibawah kepemimpinan kepala desa Atri arga desa siulak kecil hilir untuk pertama kali dipercaya mewakili  26 desa sekecamatan siulak mengikuti lomba desa sekabupaten kerinci. Lomba desa ini yang diikuti desa siulak kecil hilir mewakil 26 desa kecamatan siulak nantinya akan dapat mewakili lomba desa seporvinsi jambi. 

Dalam acara lomba desa bertempat desa siulak kecil hilir rabu 18/03/2020 dihadiri sekcam siulak dan tim penilai dari dinas yang telah ditentukan pemerintahan kabupaten kerinci. Juga turut hadir Peltu kasi bina aparatur desa. Nael Edwin spt beserta staf dinas pemdes kabupaten kerinci.

Dalam sambutan Tim penilai lomba desa menuturkan. " pelaksanaan lomba desa ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembanguanan desa tehun sebelumnya. Dari 26 desa sekecamatan siulak  dari kecamatan telah menunjuk desa kecil hilir ini untuk mwngikuti lomba dalam arti kata desa ini memiliki kelebebihan dari desa lain sehingga dapat mewakili desa sekecamatan siulak untuk mengikiuti lomba sekabupaten kerinci.

Menurut pengamatan saya gedung PKBM siulak kecil hilir ini sangat mewah dari beberapa desa yang telah kami kunjungi mempunyai lantai 2 tingkat dengan ornamen yang sangat indah. Ini merupakan hasil pelaksanaan pembangunan desa ini cukup baik. 

Didalam pelaksanaan pembangunan ini tidak bisa lepas dari kerja sama kita semua. Harus saling bahu membahu untuk pelaksanaan pembanguanan. 

Pelaksanaan lomba desa ini kami dari tim penilai bukan mencari kesalahan dari pada desa. Tapi akan melaksanakn pembinaan baik itu administrasinya. Kemasyarakatan maupun pemerintahan. Ungkap tim penilai.

Selanjutnya tim penilai menambahkan. Saya sempat berbincang bincang dengan kades siulak kecil hilir mwnyebutkan masalah BUMDes. Ini merupakan salah satu prioritas kami dari pemdes membentuk BUMDes seluruh desa sekabupaten kerinci. 

Alhamdulillah didesa siulak kecil hilir ini sudah ada BUMDes dalam bentuk sewa organ tunggal. Ini sangat bagus sekali kedepannya diusahakan sewa kursi atau tenda yang biasa sejalan dengan organ tunggal agar singkron nantinya. Saya berikan apresiasi untuk kades siulak kecil hilir yang telah sukses menjalankan BUMDes. " pungkas Tim Penilai.


Disisi lain Kades Siulak kecil Hilir Atri Arga dalam sambutannya memaparkan" saya dilantik sebagai kepala desa pada tanggal 16/10/2017. Kegiatan untuk pertama kali saya laksanakan pada tahun 2018 pembangunan gedung PKBM desa Siulak kecil hilir 

Adapun misi dari siulak kecil hilir derajat perubahan menuju siulak kecil hilir yang berkwalitas. Adapun fisi kami menyelenggarakan pemerintahan yang baik efektif dan efesien. Dalam rangka pelayanan prima terhadap masyarakat. 

BUMDes pertama kali saya kembangkan pada tahun 2018 dalam bentuk pengembangan bibit kentang. Alhamdulillah sudah ada hasil dari panen bibit kentang tersebut. Untuk tahun 2019 BUMDes saya buat satu set alat organ tunggal. Alhamdulillah ini pun sudah dapat menghasilkan untuk BUMDes. Untuk tahun 2020 saya akan membuat krisbu ( keripik ampas tebu) yang mana beberapa waktu sudah saya uji coba bersama mahasiswa STIE saat kukerta didesa ini. 

Kenapa saya mengajak masyarakat UKM membuat kripik ampas tebu ini karena mayoritas masyarakat siulak kecil hilir petani. Bisa dikatakan 40% masyarakat memeliki lahan pertanian tebu. Saya berkoordinasi dengan mahasiswa STIE pada saat melakukan kukerta didesa ini apa yang bisa digunakan dari tebu ini selain dari gula. Maka terciptalah keripik ampas tebu. 

Pada saat hari ulang tahun kota sungai penuh kami coba loncing perdana keripik ampas tebu sebanyak 50 bungkus. Insya allah keipik ampas tebu tersebut habis terjual dalam acara hari ulang tahun kota sungai penuh beberapa waktu lalu. Pungkas kades siulak kecil hilir Atri Arga. ( fc) 

0 Response

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel